Buka Loji Gandrung untuk Warga Solo

Buka Loji Gandrung untuk Warga Solo

Kini rumah dinas Wali kota Solo dibuka untuk masyarakat. Rumah dinas Wali kota Solo yang dikenal dengan nama Loji Gandrung kini dialih fungsikan menjadi ruang terbuka untuk warga Solo. Gedung dinas Wali kota yang terletak di Jalan Slamet Riyadi kini terlihat menjadi salah satu tempat wisata Kota Solo.

Sejak masa jabatan FX Hadi Rudyatmo sebagai Wali kota Solo, Loji Gandrung telah direnovasi sebagai tahapan persiapan rumah dinas Wali kota Solo ini terbuka untuk warga Solo maupun warga pendatang untuk masuk ke kawasan rumah dinas ini. Mulai dari gerbang masuk hingga penambahan air mancur dan memperindah taman yang ada, Loji Gandrung direnovasi agar lebih indah dan megah sehingga cocok dijadikan tempat wisata. Fungsi dari rumah dinas Wali kota sendiri akan tetap ada namun untuk area perkantoran atau area kerja dipindah ke gedung lain namun masih tetap berada di area Loji Gandrung. 

Loji Gandrung akan digunakan oleh para warga untuk mengadakan sebuah acara mulai seperti persembahan budaya, tempat kumpul para warga, pameran seni hingga digunakan menjadi tempat untuk meeting. Hingga saat Gibran Rakabuming Raka menjabat menjadi Wali kota Solo, Loji Gandrung semakin terbuka luas untuk warga Solo masuk ke area rumah dinas ini. Setiap hari gerbang Loji Gandrung terbuka dan seluruh warga bisa berjalan – jalan hingga berfoto foto diseluruh area, mulai dari pendopo hingga taman rumah dinas tersebut. Warga bebas untuk mengadakan sebuah acara tanpa dipungut biaya dan sering kali karyawan Loji Gandrung membantu warga untuk memberikan fasilitas secara lengkap. Sering kali Loji Gandrung ini membagikan hidangan – hidangan yang biasa disajikan untuk keluarga Wali kota Solo. Loji Gandrung juga sering menjadi titik kumpul acara Solo Batik Carnival.

Pemerintah Kota Solo telah mengusahakan membuat ruang terbuka baru untuk warga Solo sehingga diharapkan warga Solo dapat memanfaatkan dan menggunakan sebaik mungkin fasilitas rumah dinas Wali kota Solo ini.

Tinggalkan Balasan