Pandemi Covid-19: Wirda Mansur Jadikan Peluang untuk Sukseskan Bisnisnya
Wirda Mansur sebagai CEO Muda yang Sukses Kembangkan Bisnisnya

Pandemi Covid-19: Wirda Mansur Jadikan Peluang untuk Sukseskan Bisnisnya

Tidak dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 mengganggu banyak usaha bisnis. Meskipun demikian, kondisi tersebut bukan menjadi halangan bagi Wirda Mansur, seorang pengusaha muda, untuk survive dan terus mengembangkan bisnisnya. Dia mengaku bahwa bisnisnya juga terdampak, namun dia percaya Allah dengan kuasa-Nya akan memberikan jalan bagi setiap permasalahan.

Putri Ustadz Yusuf Mansur ini tidak hanya sholehah dan berparas cantik, melainkan juga cerdas dalam berbisnis. Di usianya yang baru menginjak 20 tahun, gadis ini sudah menjadi CEO di berbagai usaha yang dimilikinya. Tentu usahanya tersebut mendatangkan penghasilan yang tak sedikit baginya.

Pemiliki akun Instagram @wirdamansur itu menggeluti bisnis mulai dari fashion, cosmetics, buku, travel, dan pesantren. Selain itu, video inspiratif yang diunggah di channel Youtube-nya dan berhasil meraih views jutaan juga memberikan tambahan penghasilan baginya.

Dalam berbisnis di tengah pandemi ini, Wirda lebih sensitif melihat peluang yang ada. Usaha travel-nya sangat berimbas dan kurang memungkinkan untuk terus berjalan, tetapi masih ada usaha fashion, cosmetics, dan buku yang sampai saat ini terus digencarkan via online marketing.

Walau kondisinya sulit, Wirda menyarankan agar generasi muda terus berusaha dan pantang menyerah dalam berbisnis di tengah pandemi. Banyak orang yang ingin berjualan namun masih ragu. Menurutnya keraguan ini bukan tentang seseorang punya kemampuan menjadi pengusaha atau tidak, melainkan mereka ragu apakah produknya akan terjual. Keraguan inilah yang harus dilawan karena akan ada pembelajaran yang muncul setelahnya. Masukan darinya adalah orang yang baru memulai usaha untuk yakin dan tetap melanjutkan usahanya. “Memang keraguan harus dilawan bukan cuman di usaha tapi di hal lain. Latih diri biar bijak dan tegas dalam memilih,” ujarnya.

Untuk mengurangi risiko kegagalan, ia menegaskan agar para penjual untuk lebih peka pada keadaan. “Lihat apa yang dibutuhin. Kembali lagi ke passion kita apa,” ujarnya. Menurut pemilik nama panjang Wirda Salamah Ulya Mansur ini, seharusnya pebisnis konsisten menjual produknya secara bertahap sampai menjadi besar. “Kumpulin dulu dari awal 100 customer. Itu database yang mahal buat kalian. Dari situ kalian maintain,” ungkapnya.

Pada intinya, bagi pemuda yang ingin membuka bisnis harus fokus, konsisten, sabar dan pintar membaca kondisi pasar. Wirda juga menekankan bahwa dalam proses berbisnis, jangan lupa untuk tetap berbagi rezeki ke sesama manusia karena di situlah letak keseimbangan yang hakiki.

Tinggalkan Balasan