Tetap Rutin Lakukan Olahraga di Masa Pandemi
Ilustrasi: Olahraga yoga (unsplash.com)

Tetap Rutin Lakukan Olahraga di Masa Pandemi

  • Post author:
  • Post category:Tak Berkategori
  • Post comments:0 Comments

Menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi Covid-19 adalah sebuah keharusan. Olahraga secara rutin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh yang saat ini sangat diperlukan untuk melindungi diri kita dari serangan virus dan berbagai penyakit lain. Sebagian banyak orang gemar berolahraga di area terbuka dan beramai-ramai. Namun, dampak dari pandemi ini, pengeluaran berbagai kebijakan oleh pemerintah seperti social distancing, mengakibatkan mereka harus mengurungkannya untuk sekarang demi keamanan.

Berikut terdapat beberapa alternatif pilihan bentuk olahraga yang dapat dilakukan di rumah:

  1. Peregangan

Mengerjakan pekerjaan yang mengharuskan kita duduk di depan laptop terlalu lama dapat membuat otot atau persendian menjadi tegang. Hal ini dapat teratasi dengan melakukan peregangan setidaknya 5 sampai 10 menit. Peregangan terlihat mudah, tetapi masih banyak orang yang malas melakukannya.

  1. Yoga

Manfaat yoga tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Yoga dapat membantu mengendalikan stres dan menigkatkan rasa damai.  Dibandingkan aktivitas fisik lainnya, yoga memiliki banyak manfaat karena yoga merupakan olahraga yang mendalam yang dapat meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh.

  1. Berjalan

Olahraga jalan kaki setiap hari dapat memberikan dampak positif untuk kesehatan tubuh. Jenis olahraga ini dapat menjadi solusi bagi yang tidak suka jogging atau olahraga berat lainnya. Selain tanpa mengeluarkan biaya, manfaat berjalan kaki untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Jalan kaki termasuk olahraga yang paling praktis dan menyehatkan.

  1. Lari

Berlari tergabung ke dalam jenis olahraga aerobik karena memiliki efek dapat merangsang laju pernapasan dan denyut jantung lebih cepat selama sesi olahraga. Saat laju pernapasan dan denyut jantung meningkat, tentunya memerlukan lebih banyak oksigen. Berlari memerlukan teknik khusus dan persiapan yang tepat guna mendapatkan manfaat yang maksimal dan mengurangi risiko cedera,

Setelah berolahraga, wajib untuk melakukan pendinginan untuk menghindari kelelahan otot. Kemudian, menggantikan cairan yang hilang dengan air yang cukup karena jantung telah bekerja keras sehingga membutuhkan lebih banyak oksigen. Usahakan juga segera mengganti pakaian yang basah oleh keringat. Seorang spesialis kulit, dr. Neal Schultz, merekomendasikan mengganti pakaian paling lambat setengah jam setelah berolahraga untuk mencegah pertumbuhan jamur, bakteri, atau kuman. Terakhir, mengisi perut dengan makan karena tubuh akan membutuhkan asupan karbohidrat dan protein untuk memulihkan otot-otot.

Tinggalkan Balasan