Ulasan Game: Persona 4
Cover art Persona 4

Ulasan Game: Persona 4

Anime dan game. 2 bentuk hiburan yang tidak bisa dipisahkan. Di masa-masa sulit ini khususnya, orang membutuhkan cara untuk mengalihkan perhatian mereka saat tinggal di rumah. Dan cara apa yang lebih baik untuk mengalihkan perhatian Anda selain menyelesaikan game favorit Anda atau menonton anime. Kedua media ini juga bersilangan karena banyaknya game anime di steam sama banyaknya dengan referensi game di anime. Dan dari kombinasi kedua media tersebut, seri Persona tampaknya menjadi yang paling menarik perhatian.

Persona adalah game yang dibuat oleh Atlus yang merupakan spin-off dari seri SMT dengan awal yang sederhana di PS1. Seri ini mulai mendapatkan perhatian di era PS2 dengan Persona 3 di mana mereka menerapkan fitur yang akan menjadi andalan dari seri jnj. Itulah fitur slice of life bergaya anime dengan sebuah fitur yang disebut social link, yang memungkinkan kita untuk bersosialisasi dengan karakter di dalam game, lebih banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan dalam game dan fitur paling populer dari semuanya, anda dapat memacari karakter wanita atau pria (tergantung apakah Anda memilih karakter utama pria atau karakter utama wanita yang tersedia di versi portabel), yang memicu ‘Perang Waifu’ yang terkenal di komunitas Persona. Tetapi dengan semua yang telah dikatakan, Persona 3 memastikan takdir seri persona sebagai seri yang berumur panjang dengan permainan yang masih dibahas di forum oleh fanbase. Dengan sebuah  kesuksesan seperti itu di tangan mereka, Atlus diharapkan membuat penerus Persona 3 yang layak dan mereka, dalam beberapa aspek, berhasil dengan Persona 4.

Persona 4 dan versi yang ditingkatkan, Persona 4 the Golden menjadi sangat sukses dan merupakan permainan yang lebih berumur panjang yang masih sangat banyak dibahas di forum dan baru-baru ini port baru untuk PC dirilis oleh Atlus dan memecahkan rekor. Jadi, apa yang membuat Persona 4 menjadi game yang sangat sukses?

Kisah Persona 4 sangat sederhana. Cerita petsona 4 dapat dirangkum dengan Scooby  versi anime. Anda (atau dalam hal ini… Yu) dan teman-teman Anda mengungkap misteri pembunuhan berantai. Sebuah cerita sederhana yang layak untuk sebuah game sederhana. Aspek yang bersinar adalah eksekusi dari tema yang mendasari dalam permainan. Game ini memiliki 2 tema utama yang dapat dengan mudah diungkap hanya dengan mendengarkan lirik tema pembukanya, penerimaan diri, dan mengungkap kebenaran tertinggi. Dan mereka menjalankan tema-tema itu dengan sangat baik di dalam game. Contoh yang sangat cemerlang dari eksekusi ini adalah tema dan bos dungeon dan banyaknya ending yang mengharuskan Anda untuk memperhatikan cerita dan tema game. Cukup menjadi sebuah pengalaman untuk mengungkap petunjuk pembunuhan ini satu per satu dan perlahan mengungkap misterinya. Dan game ini tidak segan-segan menyoroti tema-tema berat seperti gender, toxic masculinity, konsumsi media yang berat, dan buruknya sikap memuja selebritas yang cukup jarang terlihat dalam game jenis ini.

Karakter adalah aspek lain di mana game ini bersinar. Anggota party benar-benar terasa seperti temanmu sendiri dan itu sangat penting. Mereka kadang-kadang meminta untuk bergaul dengan Anda dan sering juga, meminta seluruh geng untuk datang dan hanya berbicara dan makan. Ini sangat alami dan Anda merasa sangat terikat dengan mereka. Tapi tetap saja, social link terasa sedikit mengganggu cerita. Dalam cerita mereka merasa seperti mereka terasa selalu senang dan gembira dengan menjalani hidup sepenuhnya tetapi dalam social link mereka Anda menyadari bahwa mereka memiliki masalah dan ketakutan mereka sendiri dalam hidup. Tapi hei, begitulah yang terjadi ketika Anda bertemu seseorang. Ketika mereka terbuka kepada Anda, Anda menyadari bahwa mereka tidak seperti yang Anda pikirkan, tetapi Anda merasa lebih dekat dengan mereka.

Social link dalam game ini cukup beragam (perhatikan bahwa ini didasarkan pada pengalaman penulis karena penulis belum sepenuhnya menyelesaikan semua social link). Anda memiliki social link keren yang dengan cepat menjadi menarik dan Anda dapat mempelajari sisi karakter yang hampir berbeda. Dan Anda memiliki yang biasa yang lebih membosankan dan tidak terlalu menarik sampai Anda hampir sepenuhnya memaksimalkan levelnya.

Grafik game ini oke. itu tidak terlalu inovatif karena Persona 4 masih menggunakan engine Persona 3, tetapi detail kecil yang mereka pasang sedikit meningkatkan grafik. Game ini menggunakan sistem cuaca dan menggunakannya dengan baik di departemen grafis. Dari warna oranye terang dari matahari terbenam di musim panas sepulang sekolah, hingga sinar matahari yang bersinar terang di siang musim panas, lingkungan yang berkabut saat hujan, dan dataran bersalju di musim dingin. Ini memberi Inaba perasaan yang sangat nyaman dan cukup menyenangkan untuk melihat kota yang begitu hidup dan semarak.

Gameplay adalah standar dari seri SMT dan Persona, sistem press turn, di mana Anda mengeksploitasi kelemahan musuh untuk mendapatkan giliran tambahan dan seperti game sebelumnya dalam seri ini sangat menarik. Namun game jnj sangat mudah dibandingkan dengan game lain dalam seri (peringatan bahwa penulis memainkan versi Golden pada kesulitan normal) karena mantra instakill yang overpowered. Waktu tersulit yang akan Anda dapatkan dalam game ini adalah di awal di mana Anda tidak punya uang untuk memulihkan SP dan hanya memiliki item yang memulihkan beberapa poin SP. Dengan demikian, tingkat kesulitan permainan dapat menjadi nilai tambah bagi orang-orang yang ingin bersenang-senang dengan game jni karena ini adalah permainan yang sangat santai untuk dimainkan. Namun bagi mereka yang ingin melakukan playthrough yang menantang bisa mengubah tingkat kesulitan menjadi sulit atau sangat sulit. Aspek lain dari gameplay adalah aktivitas sampingan yang banyak dimiliki Persona 4. Di waktu luang Anda, Anda dapat berkumpul dengan teman-teman Anda, mengendarai skuter di sekitar kota, memancing, makan di toko ramen, dan banyak lagi. Keseimbangan dari aktivitas sampingan dan pertempuran inilah yang membuat Persona menjadi franchise yang dicintai dan itu benar-benar terlihat pada Persona 4.

Musik adalah salah satu aspek yang paling berkesan dari seri persona dan Persona 4 memiliki banyak lagu yang sangat bagus. Komposer seri SMT dan Persona, Shoji Meguro bertanggung jawab atas musik dan itu benar-benar terlihat dengan seberapa banyak lagu berkualitas yang ada di dalam game. Dari tema pembuka game yang disebutkan di atas, hingga tema dunia dan tema dungeon, dan orang yang telah memainkan Persona 4 pasti pernah menyanyikan atau setidaknya menyenandungkan ‘Junes theme’. Musik adalah pokok dari seri Persona dan Persona 4 tidak menghindar dari memberi pemain beberapa lagu berkualitas.

Secara keseluruhan, Persona 4 adalah game yang sangat bagus. Kekurangan seperti cerita sederhana, kesulitan mudah, dan beberapa karakter sampingan yang membosankan tidak menutupi kesenangan saya terhadap tema yang dibuat dengan baik, gameplay yang memuaskan, dan lagu-lagu yang menarik. Tempat kota kecil, karakter sampingan yang ada di overworld dan visual yang menarik menjadikannya dunia yang sangat nyaman untuk dilalui. Pada akhir permainan Anda akan kosong dan penasaran apa yang akan dilakukan. Ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin memulai memainkan serial ini. Untuk veteran seri, Persona 4 mungkin tidak memiliki gameplay dan presentasi yang sangat baik dari Persona 5 atau cerita dan suasana gelap dari Persona 3 atau gameplay yang menantang namun menarik dari game lain dari seri SMT, tetapi memiliki karakter-karakter yang sangat menyenangkan perasaan. Karakter dan salah satu setting ternyaman dalam seri ini yang kurang lebih akan membuat anda merindukan kota Inaba setelah anda menyelesaikan permainan. Kesimpulannya, Belilah game ini baik itu versi Vita atau versi PS2 atau lebih baik lagi versi Steam sehingga Sega dapat membuat Atlus lebih banyak mem-port game mereka ke PC sehingga lebih mudah diakses orang untuk memainkan game-game ini.

Dan, jika Anda mencari RPG tradisional yang lebih edgy, lebih menantang, lebih atmosferik, dan lebih fokus dalam ceritanya, jelajahi franchise Megami Tensei. Ini adalah seri yang merupakan ibu dari seri Persona dan Anda akan menemukan sebagian besar Persona dan mantra di Persona ada di game ini dan gameplaynya sangat mirip dengan Persona 3,4, dan gameplay 5 di sebagian besar game di seri. Saya sangat merekomendasikan untuk memulai dengan SMT IV untuk pemilik 3DS karena diklaim oleh para penggemar seri ini sebagai game yang lebih “ramah pemula” dari game-game lain. Jika Anda tidak memilikinya, saya sarankan mendapatkan port SMT III: Nocturne di PS4 dan PC. Ini adalah pengalaman yang lebih menantang tetapi sangat baik dalam atmosfer, seni, dan gameplay saja.

Tinggalkan Balasan