Anda Mahasiswa yang Sulit Fokus saat Kuliah Online? Lakukan Tips Ini untuk Meningkatkan Produktifitas dan Konsentrasi Belajar

Anda Mahasiswa yang Sulit Fokus saat Kuliah Online? Lakukan Tips Ini untuk Meningkatkan Produktifitas dan Konsentrasi Belajar

Luh Putu Hamidah Kusuma Wardhani

Rabu, 16 September 2020 15.00 WIB

Bulan demi bulan berlalu, kini Covid-19 bukan lagi hal baru. Tidak terasa bahwa 2020 sudah melewati pertengahan tahun, tapi apa yang terjadi? Kasus covid-19 tidak juga mereda. Tercatat per Selasa, 15 September 2020 jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 225,030 orang, pasien sembuh dari Covid 161,065 orang, dan pasien yang meninggal dunia 8,965 orang. Berkaca pada apa yang terjadi saat ini, masalah Covid-19 tidak kunjung menemukan titik terang. Lalu apa dampaknya? Berbagai sektor kehidupan kini terjun bebas menghadapi realita bahwa negara pontang-panting mencari solusi di tengah pandemi. Tidak terkecuali sektor pendidikan yang berusaha menjaga mutunya namun tetap beradaptasi dengan kondisi yang ada. Siswa-siswi SD, SMP, SMA, dan mahasiswa dituntut belajar di rumah dengan segala keterbatasan yang ada. Tidak hanya masalah eksternal masalah internal juga memicu ketidak efektifan belajar. Salah satunya rasa malas dan sulit fokus yang dialami pelajar dan mahasiswa.

Sebagai mahasiswa dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi pastinya memiliki tanggung jawab yang lebih sulit pula. Salah satu tanggung jawabnya, yaitu menjadi agent of change membuat mahasiswa dituntut untuk mengexplore sebanyak mungkin ilmu yang ada. Namun apa jadinya jika di tengah merebaknya pandemi mahasiswa sebagai agent of change justru sulit fokus dan tidak efektif dalam memperoleh pembelajaran secara online? Kalau begitu, jika kalian mahasiswa yang ingin meningkatkan konsentrasi belajar dan tetap produktif ketika kuliah online ada baiknya kalian simak tips-tips berikut :

Jadwalkan seluruh kegiatan dan buatlah reminder

Agar aktivitas di rumah tetap terorganisir dengan baik, buatlah jadwal aktivitas sehari-hari dan juga reminder untuk deadline tugas agar tidak terlupa. Dengan begitu kalian jadi tahu kapan waktu

 

untuk kegiatan perkuliahan dan waktu untuk aktivitas yang lainnya. Membuat jadwal dan reminder akan membuat kalian merasa lebih profuktif dan efektif dalam beraktifitas.

Work From Home not Holiday From Home

Tanamkan mindset dalam diri kita bahwa Work from home tidak sama dengan libur, melainkan tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, hanya saja berbeda tempat, sistem, dan suasana. Memang diperlukan waktu dan usaha untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada, tetapi apabila kita berkemauan maka semua itu akan mudah diterapkan.

Siapkan tempat khusus yang nyaman dan kondusif

Pilihlah tempat yang nyaman namun juga kondusif, sehingga kalian bisa mengikuti kuliah online dengan fokus. Karena lingkungan yang nyaman akan mendukung kinerja sesorang dalam melakukan sesuatu.

Siapkan alat perang yang dibutuhkan

Sebagai mahasiswa, kalian harus mengetahui peralatan apa saja yang dibutuhkan demi menunjang kegiatan belajar mengajar secara online. Contoh alat perang ketika kuliah online, yaitu laptop atau komputer, smartphone, kuota internet hingga jaringan internet yang lancar.

Manfaatkan waktu kuliah sebaik-baiknya

Saat kuliah online, fokuskan diri hanya pada materi yang disampaikan dan jangan multitasking, hindari membuka tab baru web lain yang tidak berkaitan dengan kuliah atau malah sibuk dengan smartphone. Hal ini membuat kegiatan belajar mengajar menjadi tidak efektif dan sia-sia. Tidak lupa untuk terus aktif dalam diskusi agar tetap fokus.

Jangan lupa untuk mencatat materi

Mencatat materi menjadi cara yang efektif untuk memperdalam pemahaman. Hal ini juga dapat membantu kalian untuk memiliki gambaran materi yang akan dibahas, sehingga saat sesi kuliah online dimulai, pikiranmu tidak kosong dan dapat fokus pada materi.

Hindari Terlalu Banyak Rebahan Saat kuliah berlangsung

Karena kuliah di rumah, mahasiswa cenderung jadi terlalu santai saat sedang belajar. Alih-alih sambil duduk, banyak dari mereka yang menjalani kuliah sambil rebahan. Apalagi jika di dekatmu ada tempat tidur dan AC yang meningkatkan kemungkinan untuk tertidur di tengah perkuliahan. Maka, usahakan tidur dengan cukup saat malam dan hindari rebahan saat sedang kuliah online ya.

Hindari menjadi deadliner

Penting untuk membuat list tugas dan mengatur skala prioritas, mana yang harus dikerjakan hari ini dan esok hari. Jika tugas tertentu memakan waktu yang lama dan terlihat lebih sulit, sebaiknya kerjakan tugas lain yang lebih mudah terlebih dahulu. Dengan catatan tugas tersebut menjadi prioritas yang harus segera dikumpulkan. Dengan begitu, kalian tidak akan kalang kabut karena harus mengerjakan banyak tugas sekaligus menjelang deadline tiba.

 

Refreshing itu penting

Sudah berusaha fokus, namun masih sulit memahami materi perkuliahan? Jenuh bisa jadi penyebabnya loh. Rehat sejenak dan mulai refreshing dari aktivitas dan tugas kuliah. Refreshing di rumah bisa kalian lakukan dengan melakukan video call dengan teman-teman, memasak, bermain game, menonton film, olahraga, dan bermain tik-tok. Refreshing sangat penting untuk menjaga fokus , membuat kita rileks, dan tidak mudah stress.

Itulah tips agar kalian sebagai mahasiswa dapat meningkatkan produktifitas dan konsentrasi belajar di rumah. Pandemi Covid-19 memang menimbulkan berbagai permasalahan baru yang pastinya memerlukan solusi dan adaptasi. Seperti halnya metode belajar baru yang lebih sulit dari biasanya. Namun hal ini jangan dijadikan alasan untuk menyurutkan semangat kalian sebagai agent of chance. Tetap semangat, stay focus, dan stay safe at home.

Tinggalkan Balasan